be positif!!

kata orang,”musuh yang pintar lebih baik dari teman yang bodoh.” Ungkapan ini memberi isyarat bahwa terhadap sesuatu yang tak kita sukai sekali pun punya unsur kebaikan.
Bahwa musuh yang sangat kita benci tapi cerdas, memberi kita pengetahuan tentang penguasaan medan perang, taktik dan cara memenangi sebuah pertempuran.
Barangkali itulah maksudnya.
Ada pula ungkapan, bahwa tanggung jawab membahagiakan diri sendiri adalah pribadi itu sendiri. Jika ingin merasakan hidup itu menyenangkan, maka berhentilah menyalahkan faktor eksternal di luar diri kita. Ada baiknya melihat kedalam diri sendiri. Mengapa hidup dimata kita selalu tak lebih dari hidup yang tidak menyenangkan, menjengkelkan, penuh masalah dan terasa membosankan, sehingga kita lebih sering membencinya daripada mencintainya.
Jika kita merasa seperti itu, saatnya kini untuk mengubah sudut pandang kita dalam melihat hidup. Jika semua hal terasa salah dan menjengkelkan bisa saja karena kita sendiri melihatnya hanya dari sudut pandang yang negatif saja. Singkat kata, terlalu berpikir negatif tentang banyak hal dan melupakan kalau bukan hanya ada sisi negatif saja dari semua hal yang terjadi. masih ada sisi positif yang dapat membuat kita menjadi lebih menghargai semua hal.
Orang yang berpikir positif itu orang yang berusaha melihat segala hal dari sisi terangnya, sisi baiknya. Kalau pun mereka juga melihat sisi negatifnya, mereka tidak akan terbebani oleh sisi negatif itu. Mereka tidak terlalu membenci. Hal inilah yang kemudian membuat orang yang berpikir positif cenderung optimis dan terlihat ceria. Lebih banyak mencintai daripada membenci.
Berbeda dengan orang yang hanya bisa memandang dari sisi negatif, ia akan selalu terbebani dengan hal-hal buruk atau dampak negatif dari segala peristiwa.
Mereka cenderung pesimis karena pikiran-pikiran negatif yang kerap kali muncul dikepalanya. Jika yang terjadi seperti ini, maka energi bukan habis untuk menikmati hidup atau mencapai impian kita yang dapat membuat kita bahagia. Tapi energi itu justru habis terkuras untuk mencemaskan hal-hal yang belum terjadi. Energi tersebut terkikis untuk memusuhi sesuatu yang belum merugikan dirinya.
Berpikir positif dimulai dengan menghargai semua hal yang diperoleh dalam hidup.  Jangan selalu melihat ke atas, sesekali lihatlah kebawah. Kita akan menyadari ada banyak orang yang tidak seberuntung kita. Mereka belum tentu memiliki apa yang kita punya. Belum tentu bisa melakukan apa yang kita bisa. Dengan berpikir seperti ini kita akan sangat bersyukur dengan semua yang telah kita dapatkan. Bukankah setiap orang diciptakan bukan hanya dengan kelemahan, namun juga dengan kelebihan masing-masing? jadi jangan selalu terfokus untuk tenggelam dengan kekurangan kita. membenci diri sendiri. Namun, jangan lupa sesekali lihatlah keatas. Kita akan melihat banyak orang sukses, ini akan memotivasi untuk berusaha mengejar impian. fokuslah untuk memperbaiki kekurangan itu dan menonjolkan kelebihan kamu.
sumber: tarbawi edisi 225 (april).

Comments
One Response to “be positif!!”
  1. Dedi murdoko says:

    Sungguh menarik dan bermanfaat..sederhana tapi tiap poin artikelnya sangat memotivasi untuk kita menjadi lebih positif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s