HOW TO IMPROVE MY SOFTSKILL

banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan interpersonal pada diri kita….

dosen bahasa indonesia saya bilang untuk meningkatkan nya ada beberapa cara yaitu:

1. aktif

kita harus aktif!!!!!banyak  melakukan akivitas yang positif.

karena dengan aktif di berbagai aktivitas kita dapat memperoleh banyak pengetahuan, wawasan bahkan dapat menambah banyak teman.

seperti saya, sebagai mahasiswa saya tidak hanya kuliah lalu pulang. saya mencoba memanfaatkan waktu senggang saya untuk menambah ilmu di lembaga pengembangan kampus saya.

namun hal-hal positif tidak selalu membosankan, bermain dan hang out bersama teman-teman pun bisa menjadi hal yang positif asal dilakukan dalam batasan yang wajar dan pas. walau kadang-kadang saya suka sok sibuk aj…hahahha…

2. menyadari kelemahan dan kelebihan diri sendiri.

dalam hidup, seseorang pastilah memiliki kelebihan dan kekurangan. tapi bukan membanggakan kelebihan ataupun mencemooh kekurangan yang penting untuk ditonjolkan.

tapi bagaimana sikap kita untuk mensyukuri kelebihan dan memperbaiki kekurangan.

karena itulah tidak ada salahnya kita mendengarkan kelebihan dan kekurangan kita dari orang-orang terdekat. maka itu lah saya bertanya dengan orang-orang terdekat saya, bagaimanakah saya, adakah kelebihan yang saya miliki serta banyakkah kekurangan saya. dan dari beberapa pendapat orang terdekat, dapat disimpulkan bahwa:

kelebihan : (kelebihan pipi kayaknya hihiihi), saya itu nice, supel( easy going gitu), ceria, baik, ramah, peduli teman, pinter, cekatan, gesit, dan bersahabat (mudah2an kelebihan saya akan terus meningkat, doakan saya yah..hahahha)

kekurangan: narziz gila, pede mampus, cerewet dan bawel, suka kritik, songong, selalu benar alias tidak mau disalahin, dan masih banyak lagi kekurangan yang tidak sanggup untuk saya sebutkan ahahahha….

dengan pendapat-pendapat ini mudah-mudahan saya menjadi manusia yang lebih baik, yang bisa membahagiakan dan membanggakan nusa, bangsa dan agama serta orang tua..hihih

3. dapat mengelola waktu

mengelola waktu adalah hal yang paling sulit saya lakukan, karena saya orang yang sulit sekali mengatur dan membagi waktu.

namun me-manage waktu itu sangatlah penting dalam kehidupan ini, karena itu adalah kunci kesuksesan.

4. instropeksi terhadap kritikan

dalam menjalani hidup ini, pastilah ada teman yang memuji dan mengkrtitik. jadikanlah pujian itu sebagai penghargaan dan jadikanlah kritikan sebagai semangat.

orang bijak selalu berbesar hati menerima kritikan. jadikan kritikan tersebut sebagai penyemangat untuk menjadi lebih baik dan pembuktian bahwa kita dapat menjadi lebih baik.

jadi berbesar hatilah untuk menerima perhatian, masih dikritik berarti org lain masih perduli dengan kita.

5. bagaimana kita mengkritik orang lain.

seperti yang saya bilang diatas, saya orang yang suka mengkritik. namun dalam mngkritik kita pun ada porsinya dan ada tata caranya. mengkritik orang boleh namun sebelum mengkritik kita harus introspeksi diri sendiri terlebih dahulu. kritiklah orang dengan kata-kata yang santun serta dengan ucapan yang membangun, agar orang yang kita kritik tidak tersinggung dan tidak menjadi patah semangat.

Leave a Reply

