profesi di bidang Jaringan

Ada beberapa profesi yang tercakup di bidang jaringan komputer. Namun penamaannya seringkali terlalu bombastis hingga akhirnya justru tidak menggambarkan pekerjaan yang sebenarnya. Diantaranya adalah Network Administrator, Network (System) Engineer, Network (Service) Technician, Network Programmer/Analyst dan Network Information System Manager.

Agak banyak jika harus kita tuntaskan pembahasannya pada saat ini. Mungkin pembahasannya bisa lebih dari satu mata kuliah. Mungkin pembahasan ini bisa kita mulai dari administrator jaringan alias Network Administrator, karena profesi yang satu ini termasuk yang paling diakrabi oleh para calon pekerja TI.

Admin jaringan termasuk “the fastest growing occupations” sampai tahun 2012 nanti, menurut laporan Profesional-Resume.Com, tak heran jika kompetisinya lumayan keras, dan orang dengan keahlian teknis paling memadailah yang bisa mengisi posisi sebagai admin jaringan. Sementara itu, peluang kerjanya terbuka di berbagai sektor seperti bank, kantor pemerintahan, perusahaan asuransi, institusi pendidikan, perusahaan ritel dibidang komputer, perlatan kantor, perangkat elektronik, dan perusahaan manufaktur.

TUGASNYA BANYAK
Mau tahu apa tugas seorang admin jaringan ? Tugasnya mengatur konfigurasi dan menangani Local Area Network (LAN), termasuk Wide Area Network (WAN) jika ada. Namun kalau didetailkan, daftar tugasnya lumayan panjang. Ia bertanggung jawab dalam hal mendesain, memasang dan mendukung LAN/WAN, internet dan sistem intranet di sebuah organisasi. Tugas sehari-hari sang administrator, antara lain memberi dukungan administratif pada pengguna software dan memelihara perangkat keras maupun lunak untuk jaringan, menganalisa masalah, dan memantau kerja jaringan agar selalu tersedia bagi pengguna sistem.

Itu belum mencakup semua karena ada tugas-tugas tambahan lain yang harus dilakukannya, yaitu mengumpulkan data untuk identifikasi kebutuhan pelanggan, contohnya. Lalu data tersebut dipakai untuk mengidentifikasi, menginterpretasi dan mengevaluasi sistem. Selain itu, merencanakan, mengkoordinasi dan mengimplementasikan sekuriti jaringan juga menjadi tugasnya. Dengan tugas yang begitu banyak, hasrat terhadap teknologi dan keamanan jaringan adalah dua elemen penting yang harus dimiliki oleh seorang admin jaringan.

GAJI TAK MENGECEWAKAN
Ketika bicara soal profesi yang “harum” seperti ini, akan selalu ada pertanyaan soal gaji. Boleh dibilang, imbalan bagi seorang admin jaringan relatif tidak mengecewakan. Menurut daftar gaji yang dikeluarkan Kelly Services untuk Indonesia, seorang administrator jaringan dengan pengalaman 2-3 tahun bisa menerima gaji antara 5-9 juta rupiah per-bulan. Tentu saja anda tidak boleh melupakan beberapa faktor yang bisa berpengaruh pada besar kecilnya gaji, seperti kondisi perusahaan, pasar lokal dan tingkat pengalaman serta keahlian si pekerja.
Berita gembira lainnya adalah, ada berbagai cara untuk bisa menduduki profesi ini. Sarjana TI tentu berpeluang besar, meskipun tidak ada program studi yang khusus menawarkan gelar sarjana jaringan. Tetapi lulusan jurusan ilmu komputer, teknik komputer, sistem informasi, telekomunikasi dan telecomputing akan menjadi kandidat kuat asalkan ia pernah mengikuti pelatihan khusus jaringan dan menguasai teknologi terkini dibidang jaringan.

Tanpa gelar TI pun sebenarnya seseorang bisa tetap masuk hitungan asalkan memiliki sertifikasi, misalnya :
CCNA, CCNP, CompTIA Network+ atau MCSE, dan pengalaman yang cukup di bidang jaringan komputer. Anda berani mencoba ?
Sumber: PCPlus 296 Hal.40 (Tahun VII | 20 November – 03 Desember 2007)
Oleh: Liana Threestayanti – lili@tabloidpcplus.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s