LINUX MINT

Linux Mint versi 7 menggunakan Ubuntu sebagai basisnya. Sistem Operasi desktop versi dengan julukan Gloria ini merupakan turunan dari Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope menyertakan Kernel Linux 2.6.28, GNOME 2.26 dan Xorg 7.4. Gloria tidak sekedar dipercantik dengan artwork namun memiliki karakter dan aplikasi tambahan atau perbaikan diatas kemampuan distro asalnya.
Tersedia dua edisi media yang diluncurkan proyek sumber terbuka ini. Sementara edisi “Main” (LiveCD) mengutamakan pengguna bahasa Inggris menyertakan sejumlah Multimedia-Codecs termasuk Plug-ins dan driver proprietari, maka edisi “Universal” (LiveDVD) datang tidak langsung menghidupkan codecs yang mendukung bahasa selain bahasa Inggris. Codecs yang diperlukan dapat dipasang dengan klik tombol yang disediakan.
Linux Mint menambahkan Ubuntu tidak hanya seputar Codecs saja, namun ia menyertakan aplikasi dan alat bantu khusus dari tim pengembang Linux Mint seperti mintMenu termasuk mengenakan gaun baru dari warna nuansa batik tipikal Ubuntu ke tampilan dan warna hijau yang lebih segar.

Linux Mint tersedia dengan default desktop seperti GNOME, KDE4, XFCE dan Fluxbox. Pada desktop gnome, tampilan linux mint ini cantik dengan dominan warna hijau. Tampilan gnome yang diusung tidak seperti kebanyakan distro yang menggunakan gnome, mint sedikit berbeda. Biasanya desktop gnome menampilkan menu-menunya di bagian atas desktop dan dibagi 3 kategori: Application, Places, System. Sedangan linux mint mendesain menunya seperti sebuah tombol start di windows atau mirip KDE. Default wallpaper linux mint berupa logo linux mint dengan bacground dominan hijau dengan gradasi serta efek percikan air membuat tempilan terasa segar dan menyejukan.

Secara default, linux mint telah menyertakan compiz-config setting manager untuk mempermudah user dalam memilih efek compiz-3D yang akan digunakan. Tampilan compiz-config setting manager di linux mint ini cukup sederhana namun tetap komunikatif.

Secara umum, linux mint sama dengan ubuntu, menggunakan kernel linux 2.6.28-11 serta dukungan filesistem baru, EXT4. Linux mint menyertakan software masa kini, antara lain Gnome 2.26, Firefox 3.0.10, Pidgin 2.5.5, OpenOffice.org 3.0.1, GIMP 2.6.6, Rhythmbox 0.12.0 dan banyal lagi. Selain itu, linux mint juga menyertakan software buatan mint sendiri, antara lain MintMenu, MintUpdate, MintUpload serta tampilan yang lebih menarik. Software multimedia yang dibawa linux mint juga cukup lengkap beserta codec multimedianya. Disertakanya file multimedia ini merupakan nilai tambah untuk memudahkan pemula dalam menggunakan linux meski tidak sejalan dengan filosofi ‘free software & open source’, karena beberapa codec yang disertakan ada yang bersifat non-opensource dan berlisensi. Dukungan driver juga cukup baik, menggunakan Ati Radeon HD3200 dapat langsung menjalankan compiz-fusion 3D tanpa harus intalasi driver catalyst. Linux mint dapat menggunakan repository ubuntu 9.04 untuk menambah software yang dibutuhkan.

Linux mint cukup mudah penggunaanya, cocok untuk orang yang baru pertama kali mengoperasikan komputer berbasis linux. Linux Mint juga menyediakan semacam control panel untuk memudahkan pengguna melakukan tweak pada sistem operasi. Menu-menu yang sederhana dan mudah dikonfigurasi merupakan salah satu kelebihan desktop gnome. Tampilan gnome yang diadopsi linux mint tidak seperti distro kebanyakan, linux mint membuatnya mirip tombol start milik windows, sehingga pengguna yang baru bermigrasi ke linux tidak mengalamai kesulitan.

Bisa dibilang linux mint adalah distro yang ‘out of the box’ memiliki tampilan menarik serta kemudahan penggunaan. Menggunakan Linux Mint tidak perlu susah payah menginstal driver catalyst agar dapat menjalankan compiz-fusion. Distro ini cocok untuk yang suka tampilan yang sederhana namun segar dan cantik. Selain itu, tampilan gnome yang telah dikustomisasi membuat penggunaan lebih mudah.

sumber : http://komunitaskita.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s